- Jelaskan perbedaan antara bisnis dengan perusahaan!Jawab: Bisnis adalah usaha yang dijalankan atau dikerjakan, sedangkan perusahaan adalah tempat dimana usaha tersebut bergerak atau beroperasi.
- Apa yang dimaksud dengan Franchise?Jawab: Franchise adalah suatu metode yang membentuk suatu model hubungan kerjasama bisnis antara franchisor (pemilik usaha) dengan franchisee (pemilik modal/investor).
- Jelaskan mengenai perusahaan perseorangan, firma, CV, PT, BUMN, dan koperasi! Jelaskan perbedaannya!Jawab:I. Perusahaan perseorangan adalah suatu bentuk perusahaan yang dikelola dan diawasi oleh satu orang dimana seluruh hartanya dijadikan jaminan terhadap hutang-hutang perusahaan dan berkuasa penuh terhadap pengawasan perusahaan serta memiliki hasil keuntungan yang diperoleh perusahaan.II. Firma adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan satu nama untuk bersama dimana tanggung jawab anggota tidak terbatas terhadap resiko dan hutang perusahaan dengan jaminan seluruh harta kekayaan yang dimiliki oleh masing-maisng anggota, tetapi jika mendapat keuntungan atau kerugian akan dibagi bersama.III. Persekutuan komanditer adalah persekutuan yang didirikan oleh dua orang atau lebih dari dimana sistem keanggotaannya sebagai berikut:a. Sekutu Komplementer (General Partner)Sekutu pimpinan atau anggota pengurus adalah anggota yang aktif duduk dalam kepengurusan persekutuan komanditer karena biasanya menyetor modal yang lebih besar dibandingkan dengan yang lain sehingga juga bertanggung jawab secara tidak terbatas terhadap hutang-hutang perusahaan.b. Sekutu Komanditer (Limited Partner)
Sekutu komanditer adalah anggota pasif dalam arti anggota ini hanya menyerahkan dananya dan mempercayakan pengolahannya kepada General Partner sehingga dalam membayar hutang dan resiko perusahaan diberi jaminan sebesar modal yang disetor apabila perusahaan untung maka laba yang dibagikan disesuaikan dengan besar kecilnya modal yang disetor.IV. Perseroan Terbatas adalah suatu badan dimana mempunyai kekayaan, hak dan kewajiban sendiri secara terpisah dari kekayaan pribadi masing-masing serta keanggotaan perseroan ditunjukkan dengan jumlah kepemilikan saham perusahaan.V. BUMN adalah Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk Perusahaan Perseroan (PERSERO), sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintahan Nomor 12 Tahun 1998. BUMN merupakan salah satu pelaku kegiatan ekonomi yang penting di dalam perekonomian nasional, yang bersama-sama dengan pelaku ekonomi lain yaitu swasta (besar-kecil, domestik-asing) dan koperasi, merupakan pengejawantahan dari bentuk bangun demokrasi ekonomi yang akan terus kita kembangkan secara bertahap dan bekelanjutan. Sebagai salah satu pelaku kegiatan ekonomi, keberadaan BUMN memiliki peran yang tidak kecil guna ikut mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana diamatkan oleh UUD 1945.VI. Koperasi berasal dari kata kooperasi dimana pengertian koperasi menurut UUD perkoperasian No 12 Tahun 1969 sebagai berikut:Koperasi Indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum. Koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan gotong-royong. - Apa yang dimaksud pemasaran?Jawab:Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
- Sebutkan 7 variabel pemasaran (marketing mix)!Jawab:1. proses: rangkaian tindakan yang dijalankan dalam kegiatan marketing, proses ini dimulai dari pengumpulan informasi pasar mengenai kebutuhan masyarakat atau konsumen, ide produk guna memenuhi kebutuhan konsumen, produksi, penentuan harga dan penyampaian produk kepada konsumen.2. Orang: keleluruhan orang sebagai pelaku dalam proses kegiatan marketing, dari pengumpulan informasi pasar sebagai produk diterima konsumen atau pemakai.3. Produk: sesuatu yang bisa ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian, pembelian, pemakaian, atau konsumsi guna pemenuhan keinginan serta kebutuhan. Produk ini bisa dalam bentuk jasa atau barang.4. Harga: nilai nominal yang ditentukan untuk suatu barang yang merupakan ukuran bagi pembeli untuk melakukan pembayaran.5. Tempat: semua tempat yang digunakan sebagai saluran distribusi yang memberikan kemudahan bagi konsumen
- Jelaskan mengenai manajemen produksi!Jawab: Manajemen produksi adalah salah satu dari bidang manajemen yang mempunyai peran mengoordinasi berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan.
- Jelaskan perbedaan antara manajemen pemasaran dan manajemen produksi!Jawab: Manajemen produksi adalah suatu kegiatan yang menciptakan atau meningkatkan kegunaan suatu barang, peningkatan atau penambahan kegunaan suatu barang bisa melalui kegunaan tempat, kegunaan waktu, kegunaan bentuk atau gabungan dari beberapa kegunaan tersebut.Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.
- Jelaskan hakekat bisnis Internasional!Jawab: Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas-batas suatu Negara
- Jelaskan alasan bisnis Internasional!Jawab: Alasan suatu negara melaksanakan bisnis internasional karena tidak ada satu Negara pun didunia yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan negerinya dari barang-barang atau produk yang dihasikan oleh Negara itu sendiri.
- Gambarkan konsep sistem pemasaran!Jawab: Konsep pemasaran harus dibedakan dengan penjualan. Pemasaran merupakan orientasi manajemen yang beranggapan bahwa tugas utama perusahaan adalah memaksimalkan kepuasan konsumen (consumer satifaction), sedangkan penjualan hanya merupakan bagian dari kegiatan pemasaran yang lebih berorientasi kepada peningkatan volume penjualan yang maksimal. Dalam manajemen pemasaran, terdapat empat hal pokok tersebut disebut marketing mix
Soal Softskill
20.07 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar